Beranda > Berita Global, Kabar Dunia Pendidikan > Depdiknas Tetap Gelar Ujian Nasional 2010

Depdiknas Tetap Gelar Ujian Nasional 2010

Jakarta, (tvOne)

Meski Mahkamah Agung telah mengeluarkan putusan menolak kasasi pemerintah atas penyelenggaraan ujian nasional (UN), Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) tetap menggelar UN pada Maret 2010.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Mungin Edi Wibowo mengatakan, ujian akan dilakukan dua tahap, yaitu UN utama pada Maret 2010 dan ujian ulangan pada Mei 2010. “Yang gagal di ujian utama bisa mengikuti ujian ulangan. Tapi hanya mata pelajaran yang gagal,” kata Mungin, Senin (30/11/2009).

Mungin melanjutkan, jika kemudian pada ujian ulangan siswa mengalami kegagalan lagi,  maka siswa akan mengikuti ujian paket atau mengulang tahun berikutnya. Tujuan ujian ulangan, kata Mungin, untuk mengatasi dampak psikologis anak yang takut gagal ujian.

Ujian nasional ini digelar dengan aturan yang sama. Nilai standar kelulusan 5,5 dan nilai 4 maksimal 2

Berdasarkan jadwal, ujian nasional utama tingkat SMA dan MA digelar pada 22-26 Maret 2010, tingkat SMK 22-25 Maret 2010, dan tingkat SMP pada 29 Maret sampai 1 April 2010. Sementara ujian ulangan akan dilakukan pada 10-14 Mei 2010 untuk tingkat SMA, dan 17-20 Mei 2010 untuk tingkat SMP.

Pemerintah akan memberikan tanda pada ijazah siswa yang mengikuti ujian ulangan. Akan tertulis dua nilai dalam ijazahnya, meliputi pertama nilai mata pelajaran yang gagal, dan nilai pelajaran yang lulus.

Soal putusan Mahkamah Agung yang menolak kasasi pemerintah, menurut Mungin, putusan hanya meminta pemerintah agar memperbaiki sarana dan prasarana pendidikan, kualitas guru, serta memperhatikan dampak mental anak didik yang gagal dalam ujian nasional. “Tidak ada kalimat eksplisit yang melarang pemerintah menggelar ujian nasional,” ujarnya.

Sumber : http://www.tvone.co.id

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: