Beranda > Berita Global > Kabupaten Kuningan Canangkan Program “One Man One Tree”

Kabupaten Kuningan Canangkan Program “One Man One Tree”

Kondisi geomorfologis yang dimiliki oleh Kabupaten Kuningan menempatkan Kabupaten Kuningan pada posisi dan peran yang signifikan sebagai daerah penyangga bagi kabupaten sekitarnya. Pendeklarasian kabupaten kuningan sebagai kabupaten konservasi dapat dimaknai sebagai satu milestone dalam uapaya pengokohan dan penegasan kabupaten kuningan sebagai kabupaten yang memiliki consen tinggi terhadap upaya-upaya pelestaraian sumber daya alam.

Komitmen ini perlu dipahami dan dibangun bersama oleh semua komponen masyarakat Kabupaten Kuningan. Kegiatan-kegiatan yang bersifat mobilisasi oleh Pemerintah tidak cukup untuk mewujudkan Kabupaten Konservasi, perlu kesadaran dan partisipasi masyarakat agar makna “Kabupaten Konservasi” tidak hanya berasal dari gaung kegiatan-kegiatan fisik projek semata namun pemahaman esensi konservasi telah terinternalisasi dalam kehidupan masyarakt dan bisa tumbuh sebagai budaya masyarakat Kabupaten Kuningan.

Adapun langkah-langkah yang telah ditempuh oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi adalah dengan membangun Kebun Raya Kuningan yang terletak di desa Pada Beunghar Kecamatan Pasawahan, selain itu juga Kabupaten Kuningan telah menetapkan Program-program yang berhubungan langsung dengan pelestarian Lingkungan seperti : Pepeling ( Pengantin Peduli Lingkungan ), PHBM ( Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat ), Muatan Lokal kurikulum pendidikan lingkungan ( SD, SLTP, SLTA ). Rehabilitasi Setu/embung, rehabilitasi Lahan Kritis dan sebagainya. Demikian dikatakan Dendy Warsita dalam laporannya.

Bupati Kuningan dalam kesempatan acara pencanangan Program One man One Tree (Satu Orang satu Pohon) mengatakan bahwa Kabupaten Kuningan merupakan Kabupaten penyangga bagi daerah disekitarnya, untuk itu Pemerintah Kabupaten Kuningan akan tetap konsen dengan program pelestarian Lingkungan. Seperti yang terdapat dalam visi kabupaten Kuningan yaitu “ Kuningan lebih Sejahtera Berbasis Pertanian dan Pariwisata yang Maju dalam Lingkungan Lestari dan Agamis “ kata lestari tersebut merupakan pencerminan dari suasana lingkungan yang lestari tanpa terkontaminasi oleh polusi-polusi yang dihasilkan oleh industri.

Melalui program One Man One Tree merupakan salah satu bukti Kabupaten Kuningan tetap memegang komitmen untuk tetap menjaga lingkungan agar tetap terpelihara dengan baik.

Baru-baru ini Kabupaten Kuningan telah menetapkan Perda tentang pelestarian satwa Burung dan Ikan sebagai salah bukti kepedulian kita terhadap lingkungan. Dan kita juga patut berbangga karena kabupaten Kuningan telah meraih penghargaan Adipura dan Adiwiyata. Satu-satunya tantangan terberat dalam mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi adalah menyerasikan derap kemajuan pembangunan fisik dan ekonomi dengan upaya menjaga lingkungan yang lestari, tegasnya. (Bagian Humas SETDA Kab. Kuningan) (Sumber: http://www.kabupatenkab.go.id).

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: